Tak Masalah Nazaruddin Dapat Remisi, KPK: Dia Kasih Banyak Info

LiputanNKRI, Terpidana korupsi proyek Hambalang M Nazaruddin mendapatkan remisi 5 bulan. KPK mengonfirmasi keputusan itu telah melalui persetujuan KPK.

” Karena yang bersangkutan kooperatif dan membuka beberapa info terkait keterlibatan pihak lain, jadi KPK mengirimkan surat info itu ke Kalapas Sukamiskin, ” ungkap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah dikonfirmasi, Jumat (18/8/2017).

Sebelumnya, terlebih dahulu pihak Lapas Sukamiskin, Bandung mengirimkan surat ke KPK. Isinya soal pertanyaan apakah Nazaruddin bekerja sama dengan penegak hukum.
Di dalam surat juga tertulis soal perilaku Nazaruddin selama menjadi narapidana. Surat dari Lapas Sukamiskin di terima KPK pada Mei lalu .

” KPK menjawab surat dari Lapas Sukamiskin yang intinya meminta info apakah Nazaruddin bekerja sama dengan penegak hukum. Menurut surat itu, Warga Binaan (Nazaruddin) sudah berkelakuan baik di Lapas, ” tambah Febri.

Nazaruddin sendiri terdaftar sebagai justice collaborator yang membuka beberapa masalah korupsi serta tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sebut saja seperti perkara PT Duta Graha Indah (kini PT Nusa Konstruksi Enjiniring) yang kasusnya berkembang baru-baru ini.

” Prinsipnya kami sampaikan kalau sejak 2014 KPK telah mengirimkan surat kepada pihak Kementerian Hukum serta HAM (Kemenkum-HAM) berkenaan dengan pendapat jaksa penuntut umum yang mengatasi perkara TPPU dengan terdakwa Nazaruddin, yang bersangkutan kooperatif, ” papar Febri lagi.
Dalam momen perayaan Hari Kemerdekaan kemarin (17/8), Mantan Bendahara Umum Demokrat itu menerima remisi 5 bulan. Menurut Kalapas Sukamiskin Dedi Handoko, total ada 8 orang napi tindak pidana korupsi yang menerima remisi.

Menurut Dedi, pemberian remisi kepada eks bendahara Partai Demokrat itu dilakukan karena Nazarudin mendapatkan justice collaborator (JC) atas perkaranya dari KPK.

” Berdasarkan PP 99/2012 itu khususnya kalau sudah mempunyai JC bisa remisi. JC di keluarkan oleh pihak yang menangani pertama, ” kata dia.

Komentar Anda