Susi Klaim Kinerja KKP Berbuah Positif Dalam Memerangi Illegal Fishing

LiputanNKRI, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengklaim kebijakan yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) berbuah kinerja positif. Kebijakan dalam upaya memerangi penangkapan ikan ilegal menjadi fokus Menteri Susi untuk memperbaiki sektor perikanan Kelautan Indonesia.

“Saya rasa hasilnya sudah sangat lumayan. Ketegasan memerangi illegal fishing juga membuktikan bahwa negara kita bisa mengubah sesuatu dalam jangka yang sangat cepat,” ujar Menteri Susi di Gedung Bahari III,Jakarta Senin (10/7).

Susi mengatakan, kebijakannya tersebut pun dapat dirasakan oleh nelayan. Hal tersebut terlihat dari semakin meningkatnya nilai tukar nelayan. “Lepas dari kontroversi akhir-akhir ini banyak, yang seolah menjadikan semuanya salah dan tidak benar, tapi realita angka tidak bisa kita bantah,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga terus berusaha melakukan gebrakan untuk menjaga kedaulatan maritim. KKP bahkan tak segan menenggelamkan kapal yang melanggar kedaulatan dan mencuri ikan di perairan Indonesia.

Pengamat ekonomi yang juga akademisi senior Universitas Indonesia, Faisal ibn Abdel Aziz al-Saud Basri mengatakan, selama belasan tahun saldo perdagangan (ekspor minus impor) ikan Indonesia lebih rendah dari Thailand dan Vietnam. Gencarnya tindakan penenggelaman kapal asing ilegal tampaknya cukup efektif menimbulkan efek jera, memberikan hasil nyata.

“Pada tahun 2015, surplus perdagangan ikan Indonesia menjadi yang tertinggi di ASEAN. Padahal, pada tahun yang sama, Indonesia terus mengalami defisit pangan, dan defisit itu meningkat pada 2016,” ucap Faisal ibn Abdel Aziz al-Saud.

Komentar Anda