Pemkot Bandung Mengeluarkan Kartu Bandung Juara

LiputanNKRI, Siswa kurang mampu di Kota Bandung tidak perlu khawatir lagi kesulitan beli perlengkapan untuk bersekolah. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sudah mempersiapkan pertolongan berupa peralatan sekolah di tahun ini.

Bantuan fasilitas perlengkapan sekolah seperti seragam, tas sampai sepatu ini dapat diakses masyarakat memakai Kartu Bandung Juara yang di luncurkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (24/7/2017).

Ridwan Kamil menjelaskan Kartu Bandung Juara adalah perlindungan yang diberikan Pemkot Bandung terhadap siswa kurang mampu untuk mendapatkan bantuan peralatan sekolah. Ini adalah bentuk keberpihakan pemerintah.

” Jadi hari ini di Kota Bandung anak-anak tidak mampu bajunya, sepatunya, tasnya, alat-alat tulisnya dibiayai oleh Pemerintah Kota Bandung, ” kata Emil sapaan karib Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Emil menjelaskan sekitar 36.580 siswa SD serta 24.702 siswa SMP bakal memperoleh kartu itu. Dana yang digelontorkan pemerintah kota untuk Kartu Bandung Juara sebesar Rp 70,68 miliar.

Dia mengatakan bantuan didistribusikan pemerintah lewat kerja sama dengan koperasi siswa serta toko peralatan sekolah. Siswa yang memiliki Kartu Bandung Juara tinggal menunjukannya untuk mendapatkan peralatan sekolah.

” Jadi penyaluran bantuan tidak berbentuk uang, tetapi langsung berbentuk barang. Kita kerjasama dengan koperasi serta toko peralatan sekolah, tinggal memberikan kartu itu saja, ” ungkap dia.

Selain Kartu Bandung Juara, Pemkot Bandung juga mengeluarkan bantuan untuk siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) di sekolah swasta serta sekolah di tingkat SMA sederajat. Hal semacam ini jadi pemerataan pertolongan pendidikan di Kota Bandung.

” Meskipun SMA dan SMK-nya sudah dikelola provinsi namun karena dia warganya warga Kota Bandung jadi ditambahi perlindungannya untuk perlengkapan pendidikan dibiayai oleh Pemerintah Kota Bandung, ” ucap dia.

Bantuan ini mengcover Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Bantuan Personal, serta Bantuan Investasi. BOP diberikan terhadap semua siswa di tahap pendidikan dasar, serta hanya untuk siswa RMP di tingkat SMA sederajat.

Disamping itu, Bantuan Personal diberikan terhadap siswa seluruh siswa RMP, baik di tingkat pendidikan dasar ataupun SMA sederajat. Sedangkan Bantuan Investasi diberikan kepada siswa RMP kelas awal yang direkomendasikan.

” Pemerintah mempersiapkan dana Rp 141,78 miliar untuk program bantuan ini, ” kata Emil.

Komentar Anda