Menlu China Akan Membawa Masalah Korut ke Tingkat DK PBB

LiputanNKRI, China mengaku akan membahas masalah Korea Utara (Korut) dengan anggota Dewan Keamanan (DK) PBB dalam waktu dekat, setelah kemarin Korut menembakkan rudal yang menembus wilayah udara Jepang.

“China akan bekerja untuk membahas masalah Korut dengan anggota DK PBB lainnya,” kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (30/8).

Wang kemudian mendesak semua pihak untuk tetap berpegang pada cara damai dan diplomatik untuk menemukan sebuah resolusi mengenai ketegangan di semenanjung Korea itu.

Sebelumnnya, China menyatakan, situasi di Semenanjung Korea saat ini telah berada pada titik nadir. “Situasinya sekarang pada titik kritis, yang mendekati sebuah krisis. Pada saat yang sama, ada kesempatan untuk membuka kembali perundingan perdamaian,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri HUA Chunying.

Sementara itu, Pemerintah Jepang mendesak Rusia dan China untuk memberikan tekanan tambahan kepada Korea Utara (Korut). Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menuturkan, China dan Rusia adalah dua sekutu terdekat Korut saat ini, dan memiliki pengaruh besar pada Korut.

“Peran China dan Rusia sangat penting. Kami akan segera memanggil mereka pada tingkat yang berbeda untuk mengambil posisi yang lebih aktif dan konstruktif dalam kaitannya dengan Korea Utara. kami secara signifikan meningkatkan usaha ini agar tetap lebih terjalin perdamaian,” kata Suga.

Komentar Anda