Yakinkah Anda Tentang Air Susu Yang Keluar Sebelum Hamil?

LiputanNKRI,Normalnya, air susu keluar setelah kamu mengalami kehamilan sebelumnya. Laktasi terjadi saat hormon mengaktifkan kelenjar susu yang kemudian menghasilkan susu untuk memberi makan bayi yang baru lahir.Biasanya air asi ini akan di produksi setelah sang wanita hamil memasuki usia hamil tua atau menjelang kelahiran.

Namun, bagaimana kalau laktasi atau keluarnya air asi terjadi pada wanita yang belum pernah hamil sebelumnya. Bisakah hal tersebut terjadi?

Menurut penelitian yang seperti dilansir dari boldsky.com, kondisi ini dinamakan dengan galaktorea dan sebagian kecil wanita di dunia mengalaminya.

Gejala galaktorea dimulai dengan pembesaran jaringan payudara, sakit kepala, mual, menurunnya sexual desire seksual, siklus menstruasi yang tidak teratur, hingga jerawatan yang kemudian berakhir dengan keluarnya air susu.

Galaktorea sendiri disebabkan karena masalah secretion, kondisi kesehatan tertentu, tumor, maupun stimulasi yang berlebih di puting payudara.

Lalu, bagaimana cara mengatasi galaktorea ini pada wanita yang masih muda dan belum nikah atau hamil?

“Karena sebagian besar kasus galaktorea disebabkan ketidakseimbangan hormon, maka terapi hormon wajib untuk dilakukan. Terapi ini mampu menghentikan produksi air asi setelah tahap menyusui pertama dilakukan.”

Galaktorea sendiri bukanlah gangguan kesehatan yang sangat berbahaya. Oleh karena itu jangan panik saat kamu sendiri mengalaminya dan usahakan agar tetap tenang dan segera hubungi dokter spesialis untuk segera mendapatkan solusinya.

Komentar Anda