Wiranto : Laporan Pengamanan Tahun Baru dan Natal Sudah Siap

LiputanNKRI, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto sudah mendapatkan laporan dari Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait kesiapan pengamanan jelang natal dan tahun baru.

“Sejauh ini yang saya dapatkan, laporan dari Pak Tito itu operasi pengamanan Natal dan Tahan Baru sudah sangat siap dan sudah terbiasa,” ujarnya di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Namun, Wiranto tidak mengungkapan dengan rinci detail petugas yang akan mengamankan keamanan saat Natal dan Tahun Baru nanti. Menurutnya, hal tersebut bisa ditanyakan ke kepolisian.

Meski mengatakan pengamanan Natal dan Tahun Baru sudah siap, Wiranto mengingatkan masyarakat untuk ikut mengamankan situasi mulai dari keluarga sendiri hingga lingkungan setempat.

“Akan ada masalah tak kala kesadaran masyarakat (tentang keamanan) rendah, seenaknya ingin bebas, terlalu bebas, akhinya jadi urusan keamanan,” ucap Wiranto.

Sebelumnya, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018, Polri melakukan pengamanan pada tiga fokus, yakni ancaman terorisme, kelancaran arus mudik, serta stabilitas harga pangan.

di samping itu,Wiranto menegaskan, tidak ada aturan hukum yang melegitimasi tindakan sweeping oleh suatu kelompok masyarakat karena bertentangan dengan hukum yang ada.

“Aturannya mana? Enggak ada negara di dalam negara,” ujar Wiranto kepada wartawan, di Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ia mengatakan, pihak Kepolisan akan menindak tegas kelompok masyarakat yang nekat melakukan sweeping.

Komentar Anda