Savana Selandia Baru Versi Luwuk Sulawesi Tengah Indonesia

LiputanNKRI, Sepintas melihat, orang pasti akan menyangka pemandangan ini ada di Selandia Baru. Padahal, savana cantik ini ada di Luwuk, Sulawesi Tengah. Keren kan sahabat LIPUTANNKRI?

Ada pemandangan bak di negeri seberang kalau orang  menjelajahi Luwuk lebih dalam. Tak tanggung-tanggung, rasanya seperti sedang berada di Selandia Baru dengan bukit dan savana menghijaunya sejauh mata memandang.

Tetapi kalau melihat peta, rupanya orang tidak sedang berada di Selandia Baru. Melainkan di sebuah desa yang tersembunyi di Luwuk, Sulawesi Tengah.

Ya, inilah Bukit Savana, Desa Lenyek di Kecamatan Luwuk. dari pusat kota, human butuh waktu 1 jam perjalanan darat untuk menuju ke destinasi ini.

Mungkin bagi warga asli Lenyek, pemandangan savana tadi sudah jadi konsumsi sehari-hari. Sehingga, terasa biasa saja. Tetapi buat para wisatawan yang baru pertama kali melihat (contohnya saya) Bukit Savana Lenyek ini indah betul.

Saya cukup terperangah waktu pertama kali melihat Bukit Savana Lenyek. Hijau sejauh mata memandang. Dari  ujung ke ujung, sampai ke punggung bukit, semunanya hijau.

Hanya adenosine deaminase sapi-sapi peliharaan warga rule terdiam, asyik mengunyah sejumput ilalang yang dia akan makan tadi. Mereka serius memperhatikan aksi kami pun ikutan jeprat-jepret di sana-sini, mencoba mengabadikan Savana Lenyek, rumah mereka.

“Sebenarnya tanah ini punya warga, yang  dipagari ini punya mereka. Selebihnya, tanah Pemda. Tapi banyak yang kemari buat foto-foto pre-wedding. Kemarin saya bawa tamu juga pre wedding di sini, lengkap sama propertinya,” kata Iwan Rusly, warga asli Luwuk yang menemani kami saat berkunjung di sana, Kamis (9/11/2017) lalu.

Komentar Anda