Saksi dari JPU, salah satunya adalah Pendukung Paslo Agus-Sylviana

LiputanNKRI, Jakarta Sidang ke-4 dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), membuka fakta baru yaitu, saksi pelapor yang menyampaikan masalah itu kenyataanya tergabung dengan salah satu lawan politik Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017.

Kenyataan tersebut, terungkap ketika Jaksa penuntut umum (JPU) mendatangkan saksi pelapor Gus Joy Setiawan di Audiaotirum Kementerian Pertanian (Kementan), Selasa 3/1/2017. Didalam kesaksiannya, ia mengakui pernah bergabung dengan salah satu calon Gubernur – calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“karena saya sangat konsentrasi dengan masalah ini (penisataan agama atas terdakwa Basuki Tjahaja Purnama), jadi saya menututup komunikasi itu,” kata Gus Joy.

Tim penasihat hukum Ahok, dalam sidang membuka video yang diambil dari Youtube dan dipublikasikan pada tanggal 30/9/2016. Dalam video itu terlihat dengan sangat jelas, Gus Joy mendeklarasikan dukungannya pada pasangan nomer urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono serta Sylviana Murni.

Bukan hanya sekedar itu saja, Gus joy sangat jelas terdaftar sebagai Koordinator Koalisi Advokat Rakyat (KKAR) yang mendukung penuh pasangan Agus-Sylvi. Gus Joy melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri atas masalah dugaan penistaan agama pada 7 Oktober 2016.

Tim Penasihat Hukum Ahok mengatakan, berdasarkan pada sebagian fakta yang ada, kesaksian dari saudara Gus Joy hanya bersifat onjektif. “(Saya) masih sangat yakin kesaksian saya dapat bersifat objektif serta sangat objektif karena ini menyangkut agama yang saya anut,”tutur Gus Joy.

Dalam sidang lanjutan Ahok hari ini beragendakan mendengarkan enam orang saksi dari pihak Jaksa Penuntut Umum (JPU) diantaranya Habib Novel Chaidir Hasan, Gus Joy Setiawan, Muh Burhanuddin, Habib Muchsin Alatas, Syamsu Hilal, serta Nandi Naksabandi.

Akan Tetapi, dua orang saksi batal datang dalam persidangan kali ini, yakni Muh Burhanuddin berhalangan datang karena sakit sementara Nandi Naksabandi diberitakan telah meninggal dunia pada 7 Desember 2016 silam.

Komentar Anda

Leave a Reply