Ribuan Peserta akan Ramaikan Lari Lintas Alam di Bromo

LiputanNKRI, Ribuan peserta Ultra Trail atau lari lintas alam ultra Bromo Tengger Semeru (BTS) akan meramaikan event yang diadakan Kementerian Pariwisata, Polri, Taman Nasional BTS, Pemprov Jawa timur, Pemkab Probolinggo, Pasuruan serta Malang.

” Saya sangat mengapresiasi event ini. Makanya, begitu saya ketahui ada event ini, kami memberi dukungan penuh, ” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Sabtu (23/9/2017).

Event Ultra Trail BTS ini juga akan di gelar pada 3-5 November 2017. Beberapa peserta juga berasal dari 34 negara seperti Prancis, Jerman, Swiss, Singapura, Malaysia, Thailand, Australia, Hongkong serta negara lainnya. Sedangkan Indonesia menyumbangkan peserta terbanyak yaitu 742 orang. Jawa Timur sebagai tuan rumah, menyumbangkan peserta sebanyak 196 pelari.

” Jawa Timur juga miliki banyak pelari trail yang hebat. Mudah-mudahan ada yang dapat merebut salah satu di podium, ” katanya.

Event yang di gelar mandiri tanpa ada mengandalkan bantuan dana dari pemerintah ini, diharapkan turut mendongkrak kunjungan wisatawan dari nusantara ataupun wisatawan luar negeri.

” Ada seribu peserta dan mayoritas mereka mengajak keluarganya, jadi event ini diharapkan kunjungan wisatawan atau sport turism di Jawa Timur meningkat. Wisatawannya banyak, jadi okupansi hotel di Bromo juga penuh, ” jelas wakil gubernur yang akrab disapa Gus Ipul.

Membludaknya peserta ini tidak lepas dari tren positif perkembangan ultra trail didunia ataupun di Indonesia. Setiap tahunnya jumlah peserta lari lari lintas alam mengalami peningkatan. Selama kurun waktu lima tahun, jumlah peserta yang pada tahun pertama di 2013 hanya 107 orang. Tahun 2016 menjadi 545 pelari serta tahun ini bertambah menjadi 1.000 peserta lari yang lolos kualifikasi

” Jumlah yang daftar sebenarnya ada 1.303 pelari. Namun banyak dari mereka yang belum memenuhi kualifikasi untuk ikut lari di nomor yang mereka kehendaki, ” kata Founder BTS Ultar Hendra Wijaya.

Ia menambahkan, banyaknya peserta yang turut tampil, karna di dukung dengan medan dan alam yang indah. ” Alam kita indah, serta cuacanya mendukung untuk lari, ” tuturnya.

Komentar Anda