Pulau Pari Yang Menyimpan Beragam Biota Laut Yang Indah Mempesona

LiputanNKRI, Pulau Pari, salah satu pulau dari sekian banyaknya pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu. Letak persisnya ada di bagian selatan.

Keindahan alamnya masih asri dengan hamparan pasir putih landai di pesisir pantai. Desiran angin laut serta terumbu-terumbu karang yang dihuni berbagai macam biota laut akan membuat traveler terbuai.

Entah berawal dari sebuah ide siapa pada akhirnya warga Pulau Pari ingin mengenalkan potensi daerahnya. Masyarakatnya sekitar awal tahun 2010 mengembangkan dan memperbaiki akses jalan serta spot pantai yang menuju ke pantai secara gotong royong. Lokasi Pulau Pari merupakan satu kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Djakarta. Pulau ini memiliki luas 4,32 hektar dengan jumlah penduduk sekitar 800 jiwa.

Traveler dapat mencapainya menggunakan kapal kayu dari Pelabuhan Muara Angke dengan perjalanan sekitar 2 jam. Anda dapat juga menggunakan speed boat dari dermaga Ancol dengan jarak tempuh selama 1 jam 15 menit. Terdapat juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang letaknya di sebelah barat pulau. Mereka melakukan penelitian kehidupan laut.

Objek wisata Pulau Pari yaitu panorama alam pulau yang menawarkan keindahan alam yang masih asri. Di Sanaa ada Pantai Pasir Perawan dengan di kelilingi jernihnya air laut. Pulau Pari dapat dibilang sebagai wisata edukasi, yaitu berlibur sambil belajar tentang ekosistem laut. Ada juga Pantai Kresek adalah salah satu pantai yang berada di sebelah bagian barat pulaunya. Pantai ini merupakan tempat singgah untuk para wisatawan yang ingin mengelilingi hamparan maggrove.

Para pengunjung dapat menyewa sebuah perahu skiff dengan kapasitas ISI 2-3 orang dan akan ditemani oleh seorang penduduk berkeliling melewati hutan Rhizophora mangle. Jangan lupa membawa kamera anda kalau tidak ingin ketinggalan momen-momen berbeda dari yang lain. Sebelum booming, ada juga cargo vessel, donat boat yang seru saat Anda terpelanting. ada juga spot diving dengan kehidupan alam air yang sangat menakjubkan.

Komentar Anda