Pesilat Dari Seluruh Indonesia Berkumpul di Yogyakarta

LiputanNKRI, Ribuan pesilat dari berbagai perguruan di seluruh Indonesia berkumpul di Yogyakarta. Mereka datang untuk mengikuti acara Pencak Malioboro Festival (PMF) 2017 yang di gelar hari ini, Jumat (18/8/2017) sampai Minggu (20/8/2017).

” Berbagai perguruan silat dari Padang Sumatera Barat, Betawi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan serta Yogyakarta dan pesilat dari luar negeri, Jepang, AS, Singapura datang di acara PMF tahun ini, ” ungkap salah satu panitia Whani Darmawan di lapangan Sewandanan, Puro Pakualaman Yogyakarta, Jumat (18/8/2017).

Whani menyampaikan jumlah peserta PMF dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatkan. PMF sudah berjalan lima kali ini sejak tahun 2012. Peningkatan jumlah itu terutama ketika pawai di sepanjang Jl Malioboro sampai Alun-alun Utara.

” Acara akbar tahunan ini diharapkan bisa membangkitkan kembali, melestarikan dan mempopulerkan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, ” kata Whani didampingi Humas panitia Shinta Kertasari.

Dia menambahkan berbagai kegiatan pencak silat selama PMF 2017 ini bisa menjadi ajang promosi pariwisata Yogyakarta. Selain ribuan pesilat dari berbagai penjuru Indonesia serta perguruan silat, ada juga peserta dari luar negeri yang sudah mengikuti beberapa kegiatan.

Shinta menambahkan berbagai kegiatan di gelar selama tiga hari salah satunya workshop pencak silat dari berbagai aliran di nusantara. Pencak silat tidak hanya tentang beladiri atau berolahraga saja. Tetapi mengandung banyak unsur seperti seni dan budaya.

Menurut dia dalam acara itu ada lomba koreografi silat. Gerakan silat dipadukan dengan gerak tarian yang dikemas dengan gerak koreografi. Koreografi silat ini menampilkan bahwa pencak silat sebagai sebuah budaya.

” Pertunjukan silat bukan hanya bela diri tetapi juga susunan koreografi budaya pencak silat yang indah. Meliputi tata gerak, bagaimana kostum, bagaimana menampilkan silat lebih indah serta tidak hanya jurus saja, ” kata Shinta.

Selain lomba koreografi yang diikuti 49 peserta dari berbagai daerah lanjut dia, selama kegiatan juga di gelar workshop silat dari berbagai perguruan dan aliran.

” Puncak acara nanti saat pawai pencak silat di sepanjang Malioboro pada hari Minggu sore. Ada ribuan pesilat tumpah ruah di Malioboro dan mereka akan unjuk kemampuan seni silat masing-masing perguruan, ” pungkas dia.

Komentar Anda