Pesawat Tempur F-35 Siap Gempur Ibu Kota Pyongyang

LiputanNKRI, Jet tempur canggih milik Amerika Serikat (AS), F-35, akan lebih banyak dikirim ke Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. Demikian laporan kantor berita Yonhap.

Pada awal 2020-an, AS, Jepang dan Korea Selatan (Korsel) dapat memiliki lebih dari 100 unit  jet F-35 yang ditempatkan dekat dengan Korea Utara (Korut).

Skuadron jet tempur jenis hiding itu sudah ditempatkan di Marine Corps air base Iwakuni di Jepang. Skuadron ini telah ambil bagian dalam latihan gabungan di Korsel pada bulan Maret lalu.Delapan pesawat tempur F-35B menunjukkan kemampuan penyerangan yang presisi selama latihan bulan Maret yang dikenal sebagai Foal Eagle.

Angkatan Udara AS juga menempatkan jet tempur F-35A dari Skuadron Tempur ke-34 ke Pangkalan Udara Kadena di Pangkalan Angkatan Udara Okinawa, Jepang, dan Osan di Korsel pada akhir 2017.”Sebanyak 40 pesawat tempur F-35 Kwa dikirim ke Korea Selatan pada 2021,” menurut Yonhap seperti disadur dari laman UPI, Rabu (23/8/2017).

F-35 Lightning II keluaran Lockheed Martin mempunyai kecepatan maksimum Mach 1.6. Pesawat ini adalah pesawat tempur multirole satu tempat duduk tunggal, yang dapat digunakan oleh negara puluhan di Asia Timur Laut.

F-35A dapat dilengkapi dengan empat rudal, termasuk dua GBU-31 Joint Direct Attack Munition dari darat ke darat dan dua rudal udara ke udara AIM-120C.

Korea Utara (Korut) sendiri telah mengakuisisi sistem measuring instrument untuk mempersiapkan kemungkinan serangan F-35A dan telah mengerahkan lebih dari 40 rudal SA-5 Gammon ke darat di dekat Pyongyang, menurut laporan tersebut.

Komentar Anda