Novanto Menghadiri Sidang Praperadilan Kasusnya di Pengadilan Jaksel

LiputanNKRI, Setya Novanto mengajukan gugatan praperadilan terhadap KPK terkait status tersangkanya dalam kasus korupsi e-KTP. Sidang praperadilan perdana Novanto dijadwalkan digelar hari ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Betul, sidang hari ini pukul 09.00 WIB,” kata Humas Pengadilan Tinggi ( PN ) Jakarta Selatan Made Sutisna di kantornya, Jl Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (12/9/2017).

Sidang praperadilan Novanto didaftarkan dengan nomor register 97/Pid.Prap/2017/PN Jakarta Selatan. Sidang Novanto ini akan dipimpin hakim tunggal Cepi Iskandar. Sidang akan digelar di ruang sidang utama Pengadilan Tinggi Oemar Seno Adji.

Made mengaku tidak mendapat konfirmasi soal kehadiran pihak KPK maupun dari pihak Novanto. Namun Made memastikan surat undangan sidang praperadilan sudah diterima masing-masing pihak.

“Tidak ada konfirmasi (pihak yang hadir), tapi dari panggilan yang sudah tim kami layangkan sudah diterima masing-masing pihak,” jelasnya. “Nanti tinggal pihak menggunakan pada kesempatan pertama apa bagaimana itu terserah dari mereka dan semua ada konsekuensinya,” sambungnya.

Soal kemungkinan ketidakhadiran Novanto karena sakit, Sutisna menyebut hal itu tidak akan mempengaruhi proses praperadilan. Pasalnya, kehadiran Novanto bisa diwakilkan penasehat hukumnya.”Nggak ada pengaruhnya (jika Novanto tidak hadir), karena perkara ini permohonan sidang tersebut oleh pihak prinsipal tidak mesti datang. Bisa diwakili penasehat hukum,” kata Made.

Novanto ditetapkan sebagai tersangka sejak Senin (17/7). Novanto dijerat KPK terkait kapasitasnya sebagai Ketua Komisi II DPR periode 2009-2014.

Dia diduga memiliki peran dalam setiap proses pengadaan e-KTP, mulai perencanaan, pembahasan anggaran, hingga pengadaan barang dan jasa, melalui tersangka lainnya, Andi Narogong.

Komentar Anda