Massa Demonstran Pendukung Mantan Presiden Korsel Berunjuk Rasa Di Ibukota Seoul

LiputanNKRI – SEOUL – Massa demonstran pendukung mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Park Geun-hye berunjuk rasa di jalanan Ibu Kota Seoul menuntut penarikan pemakzulan yang dijatuhkan kepada perempuan berusia 65 tahun itu. Park dimakzulkan Mahkamah Agung Korsel setelah terlibat dalam skandal penyalahgunaan pengaruh bersama teman dekatnya Choi Soon-sil.

Massa
Massa Demonstran Pendukung Mantan Presiden Korsel

Sabtu (18/3/2017), sekira 2.000 pengunjuk rasa hadir dalam unjuk rasa yang digelar Sabtu, 18 Maret. Mereka berjalan perlahan melambaikan spanduk dan bendera Korsel, termasuk selembar bendera besar yang dibawa oleh sekira 100 demonstran. Mereka mengikuti sebuah limousine hitam pemakaman yang dihiasi dengan bendera.

Jaksa memerintahkan Park untuk hadir untuk diperiksa pada Selasa pekan depan terkait skandal yang menjeratnya. Sebagai Presiden Korsel, Park telah berulangkali menolak hadir dalam pemeriksaan yang sekarang harus dijalaninya setelah pemakzulan.

Skandal besar yang melibatkan Park dan Choi juga menyeret pewaris perusahaan raksasa Korsel, Samsung. Wakil Presiden Samsung Lee Jae Yong ditahan dan dijatuhi tuduhan penyuapan dengan memberikan jutaan dolar kepada Choi sebagai ganti jasa baik untuk Park.

Komentar Anda