Beberapa Maskapai Rubah Rute Demi Hindari Rudal Korut

LiputanNKRI, Penerbangan yang sangat aman tentunya menjadi harapan para penumpang terhadap perjalanan. Maskapai Singapore Airlines pun merubah rute penerbangan demi menghindari rudal Korea Utara.

Dilansir dari situs Reuters danĀ  BBC, Jumat (8/12/2017), Singapore Airlines merubah rute penerbangan Seoul, Korea Selatan-Los Angeles, AS setelah adanya peluncuran rudal Korea Utara.

Dalam keterangan Singapore Airlines, perubahan dilakukan setelah peluncuran rudal balistik antarbenua atau ICBM pada Juli 2017. Korea Utara kabarnya tidak memberi pengumuman terlebih dahulu sebelum melakukan peluncuran rudal balestik miliknya ini.

Maka arah peluncuran rudal pun tidak diketahui dengan pasti oleh pihak maskapai dan berkemungkinan untuk membahayakan pesawat yang tengah mengudara. Sehingga maskapai ini menghindari lintasan rudal di bagian utara Semenanjung Korea.Hal ini diambil karena demi kenyamanan dan keselamatan para penumpang mereka sendiri.

Sejak rudal yang diluncurkan bulan Juli, pihak maskapai ini juga setiap harinya melakukan evaluasi rute masing-masing pesawat. Apakah pesawat tersebut sebaiknya menghindari perairan Jepang atau tidak juga dilakukan setiap hari.

Sebelumnya sejumlah maskapai lain juga ada yang merubah rute demi menghindari rudal, seperti Air France dan Lufthansa. Maskapai Lufthansa sendiri telah menghindari penerbangan sekitar Korea Utara selama lebih dari sekitar satu tahun, untuk layanan penerbangan ke Jepang dan Korea Selatan yang semakin hari semakin berbahya dan semakin memanas saja.

Komentar Anda