Maruli Simanjutak,Sudah Dilantik Menjadi Wakil komando Paspanpres

LiputanNKRI, Jabatan Komandan Korem 074/Warastratama beralih tongkat komando. Kolonel Inf Maruli Simanjutak digantikan Kolonel inf Widi Prasetijono. Sertijab kedua perwira tersebut dilangsungkan di Serambi Kehormatan Makodam IV/Diponegoro, Semarang, Jumat (23/6/2017).

Maruli Simanjutak dipromosikan sebagai Wakil Komandan Paspampres. Sementara penggantinya, Widi Prasetijono sebelumnya menjabat Danrindam III/Siliwangi.

Maruli Simanjutak yang merupakan menantu dari Menteri Perekonomian dan Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya juga pernah berada di lingkungan Istana Negara sebagai dan berada di  Grup A Paspampres pada 2014-2016. Lulusan Akmil 1992 ini juga pernah menjabat sebagai Komandan Grup 2 Kopassus Kandangmenjangan Kartasura Sukoharjo.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman memerintahkan Danrem 074/Warastratama yang baru Kolonel Inf Widi Prasetijono agar semakin proaktif mengaktualisasikan peran aplikatifnya bersama-sama aparat Pemda dan Polri serta komponen masyarakat lainnya dalam mewujudkan kondisi aman dan rasa aman dalam masyarakat.

“Cermati setiap perkembangan situasi dan kondisi yang terjadi, untuk kemudian menemukan formulasi penanganan yang tepat dan proporsional,” tegas Pangdam.

Mayjen Tatang Sulaiman menyatakan bahwa wilayah Korem 074 mempunyai nilai strategis bagi kepentingan pertahanan maupun pembangunan perekonomian. Di sisi lain dilihat dari kondisi sosial politik, wilayah Korem 074/Warastratama merupakan wilayah yang sangat perlu dicermati dan diperhatikan secara serius dan khusus.

Karena wilayah ini, menurutnya, termasuk sangat rentan terhadap segala pengaruh dari luar yang sering berdampak secara langsung di wilayah ini, dan dapat berpengaruh terhadap bergesernya tata nilai, sikap dan perilaku masyarakat Surakarta yang terkenal dengan sopan santun, keramahtamahan, kegotongroyongan dan kesetiakawanan sosial yang  tinggi.

“Kemajemukan masyarakat dengan berbagai aspek permasalahannya harus dapat diramu menjadi kekuatan yang mampu menepis berbagai kerawanan rule sering kali dieksploitasi oleh pihak tertentu secara tidak bertanggung jawab dengan berbagai nuansa sesuai dengan kepentingan kelompoknya,” jelas orangutang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro ini.

Menurutnya, upaya proaktif dalam membangun rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kesetaraan di daerah ini, merupakan agenda yang  sangat penting saat ini dengan menyadari bahwa belum seluruhnya warga masyarakat mampu menyikapi atau memahami perbedaan dan persoalan sosial lainnya secara jernih, kritis dan konstruktif.

Pada kesempatan ini, Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf Maruli Simanjutak beserta isteri atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya dalam membina prajurit dan satuan di wilayah Korem 074/Warastratama selama ini. Sementara itu, seusai upacara serah terima jabatan, dilaksanakan acara tradisi pelepasan prajurit Kodam IV/Diponegoro.

Komentar Anda