Marquez Dihukum Turun 6 Grid Akibat Insiden Dengan Iannone

Marquez GP Malaysia
Marc Marquez dijatuhi penalti enam grid.

LiputanNKRI, Marc Marquez takkan memulai balapan, MotoGP Malaysia dari pole. FIM menjatuhinya hukuman penalti 6 grid, sehingga akan start dari posisi tujuh.

Marquez tampil dominan untuk merebut pole pada sesi kualifikasi di sirkuit Sepang, Sabtu (3/11/2018). Rider Repsol Honda ini mencatatkan waktu terbaik dua menit 12,161 detik, yang mana setengah detik lebih cepat dari Johan Jarco di posisi dua.

Tapi juara dunia musim ini tersebut takkan mengawali balapan dari posisi terdepan. Dia kehilangan pole karena dijatuhi penalti enam posisi.

Steward FIM menilai Marquez bersalah dalam insiden dengan rider Suzuki Andrea Iannone di tikungan ke-9. Marquez dinilai melaju dengan cara yang tak bertanggung jawab karena melambat di jalur balapan dan mengganggu rider lainnya.

Pole pun akan diambil alih oleh Zarco, dengan pebalap lainnya yang sebelumnya mengisi grid tiga sampai enam naik satu posisi.

Sepang
Sepang tempat awal mula perseteruan Rossi dan Marquez.

Ini merupakan kali kedua Marquez dijatuhi hukuman turun grid di musim ini. Sebelumnya dia mendapatkan sanksi serupa (turun 3 grid) di MotoGP Amerika Serikat karena mengganggu laju rider Yamaha, Maverick Vinales.

Di samping itu, MotoGP Malaysia mengalami perubahan jadwal hanya sehari sebelum race digelar. Start dimajukan dua jam untuk menghindari kemungkinan cuaca buruk.

MotoGP Malaysia sebelumnya dijadwalkan start pukul 14.00 WIB. Namun kini dipastikan balapan dimulai lebih cepat dua jam, atau pukul 12.00 WIB.

Keputusan memajukan jadwal start dikarenakan cuaca buruk yang membayangi balapan. Berdasarkan perkiraan cuaca, Sirkuit Sepang akan diguyur hujan lebat besok siang.

Komentar Anda