Kebakaran Kapal Disungai Silugonggo Ditaksir Mencapai Belasan Miliar

LiputanNKRI, Kerugian karena kebakaran belasan kapal di aliran sungai Silugonggo, Desa Bakaran, Kecamatan Juwana, Pati, Sabtu (15/7/17) ditaksir mencapai belasan miliaran rupiah. Sampai sekarang ini sedikitnya ada 18 kapal cantrang yang sudah hangus dilalap si jago merah.

Api pertama kalinya muncul dari badan Kapal Motor (KM) Mekar sekira jam 12.45 WIB. Api dengan cepat menyambar badan kapal yang lain yang bersandar di sekeliling KM Mekar.

” Kalau di hitung seluruhnya, kerugiannya bisa belasan miliar, ” kata Hasyim salah satu nelayan Bajomulyo, Juwana, Pati.

Menurut dia harga satu kapal dapat mencapai Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar, tergantung ukuran kapal. Rata-rata kapal yang bersandar ditempat itu dengan berbagai ukuran kapal. Ada yang panjang lebih dari 12 meter hingga 20-an meter.
” Beberapa yang terbakar ada yang siap berangkat melaut, ” tukasnya.

Baca Juga :  Maskapai Indonesia Kembali Masuk Nominasi 10 Penerbangan Termurah

Sementara itu secara terpisah Danramil Juwana, Kapten Inf Yahudi mengungkap jumlah kerugian mencapi belasan miliar rupiah. Petugas pemadam kebakaran yang dikerahkan dari Pemkab Pati, PG Tangkil, PG Pakis, Pabrik Kacang Garuda serta Pemkab Rembang. Petugas mengalami kesulitan menjinakkan api lantaran tempat yang sulit dan jarak antar kapal yang terbakar berhimpitan.

” Lokasi agak sulit dijangkau dan angin yang bertiup cukup kencang. Api selalu membesar makanya merembet ke kapal yang lain, ” tukasnya.

Dari info beberapa nelayan di lokasi kejadian, belasan kapal yang sekarang ini terbakar memang rencananya akan pergi melaut dan tengah mengisi perbekalan. Kapal-kapal itu sebelumnya lagi tengah bersandar lantaran libur hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga :  Maskapai Indonesia Kembali Masuk Nominasi 10 Penerbangan Termurah

Tiga orang yang mengalami luka bakar yakni Edi Siswanto (28) warga Trimulyo RT 01 RW 03, Pati. Karbani (45) warga Trimulyo RT 04 RW 05, Pati serta Supardi (48) warga Bajomulyo RT 04 RW 04, Juwana, Pati.

Komentar Anda