Mall Kasablanka : Dino Patti Djalal diaspora adalah aset Indonesia

LiputanNKRI, Mall Kasablanka – Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network world Dino Patti Djalal membuka Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di mall Kota Kasablanka,Jakarta, Sabtu (1/7). Sebelum pidato, Dino mengajak seluruh peserta yang kebanyakan adalah perantau sukses bertepuk tangan sambil berdiri sebagai tanda kebanggaan terhadap Indonesia.

“Saya ingin seluruh diaspora melakukan satu menit standing applouse sebagai tanda kebanggaan kita terhadap  Indonesia,” ujarnya.

Dalam sambutan di Mall Kasablanka, Dino menyebut diaspora adalah aset dari Indonesia untuk mewujudkan cita-cita menjadi raksasa Asia abad ke 21.

“Kita punya kelas di Asia Tenggara, kita bisa mencapai nol persen kemiskinan. Selain itu, Kami yakin kita bisa menduniakan budaya Indonesia. Diaspora adalah bagian strategi dan solusi.”

Mantan duta besar indonesia untuk Amerika Serikat itu mengklaim kongres tersebut dihadiri 9 ribu orang penduduk Indonesia yang tersebar di 55 negara dan 134 kota di dunia. Ini menjadikan kongres tersebut terbesar sepanjang sejarah pertemuan diaspora  Indonesia.

“Dimanapun berada diaspora merupakan bagian dari  Indonesia. Dimana pun mereka berada hatinya selalu untuk  Indonesia,” jelasnya.

“Diaspora bukan brain drain dari  mereka adalah global network  Indonesia. Jadi setiap kita butuh segala sesuatu kita punya network di seluruh dunia. Mereka bagian konco kita di luar negeri.”

Komentar Anda