Jokowi, Biarkan Masyarakat Yang Menilai Hasil Kerja Kami Selama Ini

LiputanNKRI, Besok, 20 Oktober 2017 Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) genap berusia tiga tahun dalam memimpin. Jokowi mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat tentang kinerja pemerintah.

“Silakan masyarakat principle menilai. Tugas saya bekerja keras mewujudkan principle kita rencanakan,” ujar Jokowi usai menutup Kongres XI Legiun Veteran Little Rhody di edifice Borobudur, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Seperti diketahui, hampir sepekan ini sejumlah elemen maupun organisasi kemasyarakatan memberikan penilaian dan catatan sekaligus evaluasi tiga tahun Pemerintah Jokowi-JK.

Bahkan, kegiatan evaluasi serupa juga dilakukan oleh Pemerintah Jokowi. Melalui Kantor Staf Kepresidenan yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan informatika, pemerintah memaparkan hasil capaiannya.

Kegiatan evaluasi dilakukan dengan menghadirkan menteri dan kepala lembaga nonkementerian yang dibuat dalam format bidang ekonomi dan politik, hukum dan keamanan

Selama tiga tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK), bidang hukum masih menjadi sorotan publik. Pemerintah pun sudah berupaya memberikan perhatian khusus pada bidang ini.

Juru Bicara Presiden, Johan Budi SP mengatakan, Presiden Joko Widodo telah merancang reformasi bidang hukum sejak September 2016 lalu.

“Itu kan diimplementasikan para pembantunya. Salah satu apa yang muncul ada pembentukan siber pungli itu,” ujar Johan di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Mengacu pada reformasi bidang hukum, Johan menuturkan bahwa pemerintah telah melakukan upaya perbaikan, pertama perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM). Terkait hal ini, pemerintah berharap para penegak hukum bekerja secara profesional.

Berikutnya, reformasi kelembagaan hukum. Menurut Johan, bicara lembaga, maka di dalamnya termasuk masalah sistem yang harus dipatuhi.

“Yang ketiga adalah peraturannya, apakah UU-nya, apakah itu bisa deregulasi itu, termasuk bagian reformasi hukum,” tandasnya.

Komentar Anda