Jal Mahal, Istana di Atas Danau di India Yang Indah Menawan

LiputanNKRI , Ada istana di atas bukit atau bahkan di sebuah lembah, itu biasa. Bagaimana bila letaknya di tengah danau, mengambang atau tenggelam?

Diliput NewNKRI dari berbagai sumber, Kamis (5/4/2018), inilah Jal Mahal yang berarti Istana Air di India . Jadi di India itu bukan hanya Taj Mahal di Agra saja yang mengesankan.

Jal Mahal adalah sebuah istana di tengah Danau Man Sagar di Kota Jaipur, ibu kota negara bagian Rajasthan, India. Istana dan danau di sekitarnya ini dibangun pada abad ke-18 oleh maharajah Jai Singh II Dari Amber.

Istana Jal Mahal berarsitektur gaya Hindu, adalah bentuk bangunan umum di Rajasthan namun dalam skala besar. Bangunan ini memiliki pemandangan danau yang indah.

Istana Jal Mahal dibangun dari batu pasir merah. Bangunannya bertingkat Lima yang empat lantai tetap di bawah air, ketika air danau meninggi oleh hujan akan sampai lantai atas.

Istana Jal Mahal juga mengalami kerusakan alami, berupa kerusakan dinding karena suhu lembab karena genangan air. Namun, telah diperbaiki dalam proyek restorasi oleh Pemerintah Rajasthan.

Erosi tanah dan diperparah oleh gerakan air menyebabkan endapan lumpur di Danau Man Sagar. Danau Man Sagar kini tidak terlalu dalam oleh karena hal tersebut.

Di teras Istana Jal Mahal terdapat taman dibangun dengan lorong-lorong melengkung. Di setiap sudut menara semi-oktagonal ini ada kubahnya.

Pada pekerjaan restorasi di awal 2000-an tidak terlalu memuaskan, karena seorang ahli di bidang restorasi arsitektur menghapus pekerjaan plester baru-baru ini. Berdasarkan temuan ini, pekerjaan restorasi dilakukan kembali dengan bahan tradisional untuk plesteran dindingnya, berupa campuran kapur, pasir, dan surkhi juga ada bubuk jaggery, guggal dan methi.

Pada restorasi di tahun 2000 ini juga Pemerintah Rajasthan mencari solusi terbaik untuk pembangunan Danau Man Sagar dan istana. Pada tahun 2001, Pemerintah Rajasthan memulai sebuah proyek untuk memulihkan ekologi Danau Man Sagar dan Istana Jal Mahal.

Pada tahun 2004, Perusahaan Pengembangan Pariwisata Rajasthan menandatangani perjanjian dengan Jal Mahal Resorts. Lalu memberikannya sewa 90 tahun untuk mengembangkan lahan seluas 40 hektar kawasan Danau Man Sagar juga termasuk Istana Jal Mahal berdiri.

Selama 9  tahun terakhir, dia  telah bekerja membersihkan danau dari limbah yang mengotori Danau Man Sagar dan merestorasi Istana Jal Mahal. Hasilnya, penduduk di daerah itu merasakan peluang kerja dan untuk  masa depan, Rajasthan berencana untuk membangun beberapa hotel di sekitar Jal Mahal dan menjadikannya tujuan wisata yang sangat populer.

Diberitakan CNN Indonesia, Istana Jal Mahal merupakan bangunan hasil perpaduan Hindu, Islam, dan Persia. Di lorong dan ruang besar di lantai pertama, juga di teras istana yang menampilkan tulisan berupa ayat-ayat yang dibuat melengkung.

Meski disebut sebagai istana, Jal Mahal tidak tampak seperti hunian bagi para anggota kerajaan. Di dalamnya hanya terdapat teras taman yang  digunakan maharajah untuk bersantai dan berjalan-jalan dan Jal Mahal juga Danau Man Sagar diabaikan begitu saja selama dua abad, tak jelas apa sebabnya.

Padahal danau tersebut sengaja dibuat guna menanggulangi permasalahan kelaparan dan kekurangan air yang melanda Jaipur. Hanya saja, sampai saat ini Jal Mahal belum dibuka untuk publik dan wisatawan hanya diperbolehkan memandang istana dari kejauhan atau melayari Danau Man Sagar.

Istana Jal Mahal di dalam Danau Maan Sagar dapat diakses dari Jalan Raya Nasional Jaipur-Delhi atau sejauh 4 klick dari Jaipur. Jika dari New Delhi berjarak 273 klick.

Komentar Anda