Ini yang Jadi Fokus JK di Sisa 2 Tahun Masa Jabatan

LiputanNKRI, Pemerintahan Presiden Joko Widodo serta Jusuf Kalla (JK) tersisa 2 tahun. Di sisa waktu itu, menurut JK, ada beberapa hal yang menjadi fokus pemerintah. Apa saja?

” Kita butuh apa dulu? Kita butuh lapangan kerja, kita perlu perdagangan yang naik. Kita perlu pendapatan masyarakat, produktivitas naik. Diperlukan infrastruktur serta investasi, ” kata JK waktu didapati di sela kunjungannya di London, Kamis (12/10/2017).

Menurut JK, birokrasi harus diperbaiki. Jangan sampai perizinan sudah cepat, tetapi praktek bisnisnya masih saja lama.

” Kalau izin awalnya itu bagus, 3 jam bisa. Namun proses bisnisnya itu apakah lahan, izin di daerah, itu masih sedikit makan saat. Ini yang harus diperbaiki, birokrasi ini. Dengan banyaknya juga kepala-kepala daerah yang di kendala. Itu kan berarti banyak kendala di daerah-daerah, ” papar JK.

Jokowi serta JK dilantik menjadi presiden serta wakil presiden pada 20 Oktober 2014 kemarin. Tiga tahun pemerintahannya berjalan, JK yakin ekonomi juga akan lebih baik.

” Kita optimis tahun depan ini karena ekonomi dunia lebih baik, sangat baik, menurut IMF akhir 2017 sampai 2018 itu terbaik. Tentu dampaknya ke komoditi, ” kata JK.

” Saat ini batu bara sudah kembali ke 160 lebih, sawit juga sudah mulai membaik. Dua komoditas itu yang paling mempengaruhi ekonomi kita, ekspor kita, ” ujarnya.

Komentar Anda