Berikut Ini Fasilitas Komplet dari KA Wisata Priority Selama Perjalanan

LiputanNKRI, KA Wisata Priority yang baru menghadirkan fasilitas komplet. individual pun bisa lebih nyaman selama di dalam perjalanan.

Sudah coba Kereta Api (KA) Wisata yang baru? Dalam artian, keretanya sudah bisa dipesan perorangan bukan hanya grup charter, namanya juga lebih dikenal sebagai Ka Wisata Priority.

Untuk operasionalnya, kelas priority yang hanya 1 gerbong dengan kapasitas 30 penumpang ini menempel di bagian terdepan atau bagian paling belakang dari kereta eksekutif seperti Ka Argo Lawu untuk rute Jakarta-Solo dan Ka Taksaka buat Jakarta-Yogyakarta.

Secara umum, KA Wisata Priority dengan tiket sekali jalan Rp 750 ribu-Rp 900 ribu ini menawarkan kursi nyaman yang bisa dimundurkan lengkap dengan meja lipat, bantal, selimut dan layar hiburan sentuh, TV 52 inch, bathroom luas dan bersih, mini bar, makanan utama, snack dan minuman.

Namun memang ada perbedaan yang didapat antara penumpang charter dengan yang membeli tiket perorangan atau disebut juga free independent traveler (FIT).

Untuk penumpang dengan tiket perorangan, kru yang ikut ada tiga orang yaitu kapten kru, prami atau pramugari dan on trip cleansing service. Kemudian kalau dari sisi makanan, prami akan mengantar ke masing-masing penumpang.

“Ada jus welcome drink, kemudian sup baru menu utama. Kemudian kita melayani kopi teh free flow kita tawarkan. Kalau tidak mereka bisa ambil sendiri, seperti di rumah sendiri saja,” ujar Andry Budianto, Senior Supervisor Operation Transport Pt Kereta Api Pariwisata dalam Media Gathering Kereta Wisata, Kamis (24/8/2017).

Kalau buat menunggu keberangkatan kereta, penumpang juga tidak ada fasilitas executive lounge gratis.

Sementara itu, kalau KA Wisata untuk charter, satu gerbong kapasitasnya sekitar 19 sampai 22 penumpang. Harga sewanya berkisar 23  juta. Dari segi kru, ada empat yang ikut yaitu kapten kru, prama, prami dan on trip cleansing service.

Untuk penyajian makanannya sedikit berbeda. Kalau Perjalanan untuk perorangan makanan utama diantar ke masing-masing kursi, untuk penumpang charter makanan prasmanan.

“Fasilitasnya ada welcome drink juga kemudian snack, makan besar prasmanan baik pagi atau malam setelah itu dia  ada jus, snack yang kedua. Kemudian dia yang terakhir ada recent towel,” jelas Andry.

Buat hiburannya, TV besar bisa digunakan untuk vocalizing. Lalu kalau dari sisi ruang tunggu keberangkatan juga sedikit berbeda.

“Ruang tunggunya saja Kami siapkan ruang VIP-nya. Jadi contohnya kalau dari  Yogya ke Gambir, yang khusus di Yogya itu kita siapkan executive  lounge, itu ada fasilitas di situ. Tapi kalau  FIT tidak,” kata pria berkacamata ini.

Yang pasti, bepergian naik KA Wisata Priority baik charter maupun perorangan, semua tetap nyaman dan aman. Tinggal kebutuhan individual saja ingin bertualang sendiri atau menyewa satu gerbong dan traveling bersama keluarga maupun sahabat.

Komentar Anda