Entikong Menjadi Kebanggan di Perbatasan Indonesia Saat Ini

LiputanNKRI, Pos perbatasan di Entikong yang telah menjelma megah, kini juga jadi tempat wisata. Beberapa spot di sana digemari turis buat foto-foto.

Berwisata ke pos perbatasan negara, kenapa tidak? Apalagi pos perbatasan kini sudah banyak yang dibangun menjadi keren. Salah satunya Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

PLBN Entikong yang seluas 80.003 meter persegi dan rencananya akan dibangun sampai 19.493 meter persegi ini, sudah tampil megah sejak tahun lalu.

Desainnya pun menjungjung lokalitas, yang terlihat dari konsep atap bangunan PLBN yang diadaptasi dari bentuk rumah panjang dan perisai suku Dayak. Di sisi depannya pun dibuat gapura setinggi 10 meter berornamen Dayak dengan warna merah, kuning dan putih.

Tak ayal, PLBN Entikong pun digemari traveller foto-foto. Seperti saat kami mencoba untuk berkunjung ke sana pada Jumat(25/8/2017) lalu, banyak traveller yang sedang asyik berfoto di sisi luar bangunan utama PLBN.

Beberapa spot yang ramai buat berfoto adalah Monumen Garuda baik di sisi depan yang menghadap ke Malaysia, maupun di belakang bangunan utama.

Traveler yang mau ke Malaysia atau kembali dari sana sesekali singgah buat foto-foto dulu. Bahkan ada traveller yang tidak berniat menyeberang ke Malaysia, jauh-jauh datang ke PLBN hanya untuk berfoto di sana.

“Dari Ngabang 2 jam, pengen foto-foto aja kita, jadi kenang-kenangan,” ujar Sepkamisa yang datang bersama teman dan keluarganya.

Traveler bernama Joni yang juga berfoto di sana mengatakan bahwa kini dengan PLBN yang megah memang lebih menarik buat foto-foto.”Dulu kurang asyik, sekarang bagus,” katanya.

Selain Monumen Garuda, tulisan PLBN Entikong yang cukup besar dengan tiang bendera di tengahnya juga menjadi tempat foto-foto. Lokasinya di belakang Monumen Garuda di sisi belakang PLBN.

Kalau memasuki jam-jam ramai seperti siang saat bus lintas negara dari Pontianak datang untuk melewati proses imigrasi, serta sore hari jelang PLBN tutup, traveller yang mau berfoto semakin ramai. Kadang harus menunggu giliran untuk berfoto di sana.

Sementara itu di depan pagar luar PLBN terlihat banyak motor yang parkir. Beberapa di antaranya motor wisatawan yang mau foto-foto. Tak jauh dari pagar terdapat jejeran warung makan buat traveller yang mau duduk-duduk sambil mengisi perut.

Komentar Anda