Di Jateng, Eximbank Salurkan Kredit Eksportir UKM Rp 8,4 Triliun

LiputanNKRI, Memasuki usia sewindu, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank akan lebih serius melakukan segmen Usaha Kecil serta Menengah Berorientasi Ekspor (UKME). Salah satu basis usaha mikro terbesar yang disasar berada di Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank, Sinthya Roesly, menuturkan per Juni 2017 Indonesia Eximbank menyalurkan pembiayaan senilai Rp 8,45 triliun kepada 50 pelaku usaha berorientasi ekspor di Jawa Tengah.

Dengan kata lain, jumlah pembiayaan di Jawa Tengah yaitu 8,72% dari keseluruhan pembiayan Indonesia Eximbank. Hingga per Juni 2017, LPEI telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 96,8 triliun.

” Selain itu, dalam rencana meningkatkan kekuatan pelaku usaha agar mampu menembus pasar ekspor, sampai dengan September 2017 Indonesia Eximbank sudah berhasil mencetak 13 pemeran ekspor baru melalui aktivitas Coaching Program for New Exporter (CPNE), ” tutur Sinthya di Pati, Jawa Tengah, Minggu (29/10/2017).

Dari 13 pengusaha UKM yang lahir dari CPNE itu, dimana 5 di antaranya datang dari Jawa Tengah. Kelima pelaku ekspor ini sudah menghasilkan handycraft dan mebel yang berhasil menembus pasar Pakistan, Australia, Amerika serta Eropa.

Dalam kunjungannya ke Pati itu, Indonesia Eximbank juga memberi perlindungan Sarana Pendukung Ekspor (Sapunek) berupa mesin planner serta jointer kayu kepada CV Mebel Jati Jepara, serta perlengkapan pemotong ikan terhadap CV Comilled Perkasa dan Grup Pengolah serta Pemasar Ikan Pertiwi Mina Jaya.

CV Mebel Jati Jepara adalah salah satu binaan Indonesia Eximbank melalui CPNE yang sudah sukses mengekspor furnitur ke Prancis. Disamping itu, CV Comilled Perkasa dan Grup Pengolah serta Pemasar Ikan Pertiwi Mina Jaya adalah supplier PT Dua Putra Utama Makmur yang disebut eksportir utama di Pati yang mengekspor produk ikan, udang, hasil laut serta olahannya.

” Indonesia Eximbank mengharapkan banyak penerima Sapunek mampu meningkatkan produktivitas usahanya serta terus berinovasi sehingga mampu bersaing di pasar domestik ataupun global.

Komentar Anda