MotoGP, Hanya Lorenzo yang bisa mempercundangi Rossi di tim Yamaha

Liputannkri.com, Spanyol Arena balap motor dengan nama MotoGP mulai bergulir pada tahun 2002. Sepanjang debutnya di MotoGP, Valentino Rossi bertukar-ganti rekan setim.

Setidaknya sudah enam tandem berbeda yang sudah dipunyai oleh pembalap berjulukan The Doctor ini. Dari Tohru Ukawa, Nicky Hayden, Carlos Checa, Colin Edwards, Jorge Lorenzo, sampai tahun ini berduet dengan Maverick Vinales.

Sudah hampir 15 tahun Rossi berkiprah di kelas MotoGP, total keseluruhan enam gelar juara dunia ia rangkul. Tetapi, dari lima tandem Rossi sebelumnya, cuma satu nama yang membuatnya gusar, yakni Jorge Lorenzo.

Pembalap berjulukan X-Fuera ini menjadi satu-satunya rekan setim yang dapat menaklukkan Rossi. Telah tiga kali Rossi kalah dari Lorenzo dalam persaingan sengit di kelas MotoGP.

Kekalahan pertama Rossi dari Lorenzo di MotoGP berlangsung pada tahun 2010. Kegagalan menjaga gelar akibat Rossi alami kecelakaan hebat di Sirkuit Mugello, Italia sehingga dia harus puas finis di posisi ketiga. Lorenzo merebut juara dunia MotoGP pertamanya pada tahun 2010.

3 Kali Kalah dari Lorenzo

Tiga tahun berselang, Lorenzo kembali mempercundangi pembalap asal Italia itu. Kekalahan Rossi pada tahun 2013 ini sesudah dia mengambil keputusan kembali pada Yamaha setelah dua musim jelek bersama dengan Ducati.

Rossi sendiri pada tahun 2013 harus puas berada di peringkat ke empat, sedangkan Lorenzo di posisi ke-2. Gelar juara dunia tahun 2013 direbut oleh Marc Marquez dari Repsol Honda.

Lalu, pada tahun 2015 Rossi lagi-lagi mesti bertekuk lutut dari Lorenzo. Bahkan, Lorenzo menahbiskan diri sebagai juara dunia MotoGP tahun 2015, menaklukkan Rossi yang harus puas menjadi runner up.

Tahun 2015 menjadi yang fenomenal sekalian kontroversial. Konflik Marquez dan Rossi begitu menjadi sorotan, sampai ada tudingan Lorenzo dibantu pembalap berjulukan The Baby Alien (Marc Marquez) untuk menjadi juara dunia MotoGP.

Saat ini, Rossi mempunyai tandem baru, Maverick Vinales, yang pada tahun lalu memperkuat Suzuki Ecstar. Dapatkah Vinales mengulang prestasi Lorenzo?, atau Rossi yang kembali menguasai atas rekan setimnya?

Komentar Anda

Leave a Reply