Boy Amar ‘Satus Tersangka Rizieq Shihab hanya Tinggal Menghitung Hari’

Liputannkri, Jakarta – Beberapa laporan sangkaan tindak pidana yang dilakukan oleh pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sudah ditindaklanjuti oleh Polri. Terdaftar, telah ada dua laporan yang sudah masuk ke ranah penyidik.

Yaitu laporan mengenai pelecehan lambang dasar Negara RI Pancasila yang ditangani Polda Jawa Barat, serta laporan mengenai penyebaran berita bohong serta kebencian bermuatan SARA yang ditangani Polda Metro Jaya.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar meyakinkan Rizieq nanti bakal menjadi tersangka atas perkaranya yang sudah naik statusnya ke penyidikan.

“Saya yakin permasalahan rizieq tinggal tunggu waktu saja. Jadi penegakan hukum butuh waktu, tidak dapat cepat-cepat. Itu permasalahan hukum acara yang perlu dipatuhi, semua sistem hukum normal saja,” kata Boy di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin 23 Januari 2017.

Menurut Boy, penyidik sampai sekarang ini masih menggali keterangan dari beberapa saksi dan pakar, serta menyatukan tanda bukti atas perkara itu. Lalu, sambung dia, penyidik bakal lakukan gelar perkara guna memastikan status tersangka.

“Yang pasti gelar itu untuk memaparkan, apakah masalah ini, statusnya bisa dilanjutkan, adakah penetapan dengan cara resmi tersangka seperti itu, atau ada kekurangan-kekurangan apa sajakah yang perlu dipenuhi, supaya kekurangan ini dapat cepat diatasi lantaran harus mempunyai ada bukti yang mendukung,” Boy menandaskan.

Komentar Anda

Leave a Reply