Kebakaran Melanda Puluhan Rumah di Pinangsia, Dekat Stasiun Kota

LiputanNKRI, Jakarta – Api membakar permukiman warga di Jalan Pangeran Jayakarta, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Total ada puluhan rumah yang terbakar pada peristiwa ini.
Berita Terkini
“Ada 90 rumah. Lebih banyak semi permanen tapi bukan pemukiman liar,” kata Lurah Pinangsia, Ilham Agustian, kepada LiputanNKRI.com, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Menurut dia, ratusan jiwa kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran ini. Mereka tergabung dalam 120 kepala keluarga.

“Tempat kejadian perkaranya di RT 2 RW 4, Pinangsia. Korban ada 120 KK, 500 jiwa,” Ilham menjelaskan.

Saat ini, ada 32 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan untuk menangani api di lokasi tersebut. Namun, hingga pukul 23.20 WIB, api belum dapat dipadamkan.

Pemadam Kerahkan 19 Mobil Pemadam

Api membakar permukiman warga di Jalan Pangeran Jayakarta, Pinangsia, Jakarta Barat. Pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api yang berkobar di permukiman dekat rel kereta api dan Stasiun Kota tersebut.

Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Bencana Alam Jakarta Barat mengerahkan belasan mobil pemadam kebakaran untuk menanganinya.

“Benar, situasi merah, 19 unit sedang dikerahkan, saya menuju TKP,” ujar Kepala Sudin Kebakaran Jakbar Abdul Kholik, kepada LiputanNKRI.com, Jakarta, Kamis (5/1/2016).

Informasi dari Twitter Traffic Management Center Polda @TMCPoldaMetro, kebakaran terjadi sekitar pukul 21.00 WIB.

Untuk Penanganan Kebakaran, Jalan Pangeran Jayakarta Ditutup Dua Arah

Polisi menutup Jalan Pangeran Jayakarta baik arah Mangga Dua maupun Kota. Kedua ruas jalan ini ditutup untuk mempermudah gerak mobil pemadam kebakaran yang menangani api di permukiman warga di Kelurahan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat.

Pengamatan Liputan6.com, ada puluhan mobil pemadam kebakaran yang berdatangan ke lokasi kebakaran itu. Polisi menghalau pengguna jalan lainnya dari arah Stasiun Jakarta Kota yang akan melewati jalur tersebut.

Sementara, ratusan warga berlarian. Sebagian ada yang ingin melihat kebakaran, ada pula yang menyelamatkan diri.

Pukul 22.30 WIB, Kamis (5/1/2017), hujan mulai mengguyur lokasi kebakaran yang berdekatan dengan Stasiun Jakarta Kota itu. Warga yang melihat kebakaran pun membubarkan diri.

Saat ini, api belum juga padam. Pemadam kebakaran memanjat bangunan yang dirasa tinggi untuk menyemprotkan air ke api. Mereka juga membasahi gedung-gedung lainnya agar tidak ikut terbakar.

Namun, sejak hujan deras mengguyur lokasi, petugas langsung berkonsentrasi ke titik api.

Imbas Kebakaran Dekat Stasiun Kota, Perjalanan KRL Terganggu

Permukiman warga di dekat rel dan Stasiun Kota, Jalan Pangeran Jayakarta, Pinangsia, Jakarta Barat, hangus terbakar. Akibat kebakaran itu, perjalanan kereta api listrik ke Stasiun Kota terganggu.

“Imbas kebakaran pemukiman warga diantara Jakarta Kota-Jayakarta, KRL saat ini belum dapat melintas,” tulis akun Twitter resmi PT KAI Commuter Jabodetabek ‏@CommuterLine,
Oleh karena itu, PT KJC memutuskan untuk tidak mengoperasikan KRL hingga Stasiun Jakarta Kota. “KRL tujuan Jakarta Kota hanya sampai Manggarai,” tulisnya lagi.

Sebelumnya, api membakar permukiman warga di Jalan Pangeran Jayakarta, Pinangsia, Jakarta Barat. Pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api yang berkobar di permukiman dekat rel kereta api dan Stasiun Kota tersebut.

Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Bencana Alam Jakarta Barat mengerahkan belasan mobil pemadam kebakaran untuk menanganinya.

Komentar Anda

Leave a Reply