Haider al-Abadi : Mosul Akhirnya Berhasil Direbut Kembali Dari ISIS

LiputanNKRI, Televisi pemerintah Irak  mengatakan bahwa perdana menteri negara tersebut telah tiba di Mosul. Kedatangan Haider al-Abadi untuk mengumumkan kemenangan atas ISIS di kota itu setelah bertempur selama delapan bulan.

Mengenakan seragam militer, pemimpin Irak itu terlihat turun dari sebuah pesawat militer dan bertemu dengan komandan pasukan keamanan senior. Abadi lantas mengucapkan selamat kepada para pejuang dan warga yang mendapatkan kemenangan besar di Mosul.

Menurut televisi Irak, otoritas keamanan masih mengejar sejumlah militan ISIS di beberapa wilayah kota seperti dihimpun dari media Independen, Minggu (9/7/2017).

Irak memulai pertempuran merebut kota tersebut  pada Oktober lalu dengan dukungan dari koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS). ISIS merebut kota itu pada musim panas 2014. Pada 2017 salah satu kota yang menjadi salah satu benteng terakhir mereka. Kelompok ekstrimis itu hanya menguasai kurang dari 1 KM per segi di kota tua Mosul.

Pertempuran di Kota mosul telah meninggalkan sebagian besar kota terbesar kedua Irak itu dalam reruntuhan. Peperangan juga telah membunuh ribuan orang dan termasuk pasukan keamanan Irak dan warga sipil, dan hampir satu juta orang pun terpaksa harus mengungsi. Sedikitnya tujuh jurnalis juga terbunuh.

Perserikatan Bangsa-Bangsa memperkirakan biaya perbaikan jangka pendek akan mencapai sekitar $ 700 juta.

Komentar Anda